Profile Facebook Twitter My Space Friendster Friendfeed You Tube
Kompas Tempo Detiknews
Google Yahoo MSN
Blue Sky Simple News Simple News R.1 Simple News R.2 Simple News R.3 Simple News R.4

Al-Qur'an

Saturday, August 28, 2010

DMV Jepang : Bis atau Kereta Api ?


DMV atau Dual Mode Vehicle (Kendaraan Mode Ganda) ini adalah kendaraan untuk dua rute di Jepang. Meski terlihat seperti bis dan memiliki ban tetapi kendaraan ini dapat juga berjalan di atas rel kereta api dengan delapan roda yang berbeda. Begitu berada di atas rel, roda besi diturunkan dari bagian depan dan belakang. Kemudian ban depan ditinggikan tetapi ban belakang tetap kontak dengan rel.

DMV dijalankan dengan tenaga mesin diesel yang efisien. Hanya membutuhkan bahan bakar seperempat dari mesin diesel mobil biasa. DMV ini sebenarnya diciptakan di luar negeri tetapi tidak pernah digunakan sebagai kendaraan niaga sampai tahun 2004, ketika JR Hokkaido (perusahaan kereta api di Pulau Hokkaido) melakukan pengembangan sistem ini. Pada bulan April 2007, percobaan DMV dengan penumpang sukses. Tiga kali pulang pergi setiap hari menyusuri pantai Okhotsk di Hokkaido, Jepang. Perjalanan "bis-kereta api" ini sekitar 11 km di atas rel dan 25 km di jalanan dengan waktu perjalanan sekitar 1 jam 10 menit.

DMV saat ini hanya dapat menampung 12 tempat duduk penumpang. Dual Mode Vehicle ini juga hanya memerlukan waktu 10-15 detik untuk berpindah mode dari rel ke jalan biasa.

source:http://www.zebhi.com/2009/03/dmv-jepang-bis-atau-kereta-api.html

0 comments:

Post a Comment

 
Copyright © 2010 - All right reserved | Template design by Mas-Kas | Published by Templates Blog Gratis
Proudly powered by Blogger.com | Best view on mozilla, internet explore, google crome and opera.